24 Jan

Budidaya Kelor Di Indonesia

biji-kelor

Tanaman Kelor tumbuh dalam berbentuk pohon, berumur panjang (perenial) dengan tinggi 7–12 m. Batang berkayu (lignosus), tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar. Daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, helai daun saat muda berwarna hijau muda – setelah dewasa hijau tua, bentuk helai daun bulat telur, panjang 1–2 cm, lebar 1–2 cm, tipis lemas, ujung dan pangkal tumpul (obtusus), tepi rata, susunan pertulangan menyirip (pinnate), permukaan atas dan bawah halus. Percabangan simpodial, arah cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang.

Budidaya kelor (Moringa oleifera) memerlukan pemeliharaan yang sangat minim dan dapat bertahan pada musim kering yang sangat panjang. Tanaman ini cepat tumbuh, berbungga dan sehingga menghasilkan buah sekitar satu tahun sejak ditanam. Budidaya kelor ini dapat tumbuh baik di daerah yang beriklim tropis, yaitu di negara Afrika dan seluruh Asia dan salah satunya tentu di Indonesia.

Kemampuan tumbuh yang cukup baik dan cara budidaya yang mudah yaitu dengan :
– biji
– stek

budidaya kelor

Budidaya tanaman kelor ini dapat ditanam di semua daerah di Indonesia. Salah satu sifat yang menguntungkan untuk membudidayakan pohon kelor ini, yaitu minimnya penggunaan pupuk kimia dan jarang diserang hama (oleh serangga) ataupun penyakit (oleh mikroba).

Indonesia adalah negara dengan banyak potensi keanekaragaman hayati yang sebelumnya terbukti telah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita. Kelor adalah salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan banyak tumbuh serta mudah dibudidayakan di Indonesia.

Menanam kelor dapat berkembang biak dengan baik pada daerah yangmempunyai ketinggian tanah 300-500 m dpl. Pohon Kelor tidak terlalu besar batangnya, kayunya mudah patah dan cabangnya agak jarang tetapi mempunyai akar yang kuat. Daunnya berbentuk bulat telur (oval) dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai dan menyerupai kuku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *